Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simulasi

Simulasi

Proses implementasi model menjadi program komputer (software) atau rangkaian elektronik dan mengeksekusi software tersebut sedemikian rupa sehingga perilakunya menirukan atau menyerupai sistem nyata (realitas) tertentu untuk tujuan mempelajari perilaku (behaviour) sistem, pelatihan (training) atau permainan (gaming) yang melibatkan sistem nyata (realitas). 

Jadi, simulasi adalah proses merancang model dari suatu sistem yang sebenarnya, mengadakan percobaan-percobaan terhadap model tersebut dan mengevaluasi hasil percobaan tersebut. Simulasi merupakan peniruan (imitasi) operasi suatu fasilitas atau proses, umumnya menggunakan komputer. 

Fasilitas yang disimulasikan disebut sistem. Asumsi/pendekatan, baik logis maupun matematik, dibuat tentang bagaimana sistem bekerja. Asumsi-asumsi tersebut membentuk suatu model dari sistem.

Simulasi juga memberikan kemungkinan untuk mengerjakan seluruh bagian dari sistem analisis yang sebenarnya merupakan persoalan yang kompleks yang harus dikerjakan dengan analisa. Dengan demikian hal ini merupakan keharusan didalam mempelajari interaksi di antara bagian atau unsur-unsur suatu sistem. Di dalam sistem simulasi terdapat suatu deskripsi dari alternatif-alternatif yang dapat memberikan gambaran yang lebih baik.