Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian-bagian Utama Suatu Simulator

Bagian-bagian Utama Suatu Simulator



Bagian-bagian utama suatu peralatan simulasi (Simulator) secara umum terdiri dari perangkat keras sebagai berikut:


Sistem Komputer (Host Computer)

Merupakan bagian paling penting dari suatu simulator, jantungnya simulator. Model sistem akan diimplementasikan dan dieksekusi dalam komputer ini. Unjuk kerja (performance) dari simulator dalam menirukan realitas sangat tergantung dari sistem komputer yang digunakan. Spesifikasi sistem komputer utama yang perlu diperhatikan adalah karakteristik waktu nyata (real time) dari sistem komputer yang bersangkutan, seperti: context switch, multitasking, iteration rate, shared memory.

Sistem Gambar (Visual System)

Berfungsi untuk menampilkan hasil keluaran simulasi yang dihitung oleh sistem komputer. Kualitas gambar yang dihasilkan akan sangat menentukan persepsi sintetik (visual cue) dari realitas yang disimulasikan. Spesifikasi visual yang perlu dipertimbangkan, antara lain: teknik animasi, aras warna (color level), jumlah polygon, jumlah pixel, rendering, antialiasing, blending, special effect.

Sistem Gerak (Motion System)

Berfungsi untuk mengimplementasikan simulasi gerakan dinamis dari sistem. Ini biasanya digunakan pada simulasi sistem fisika di mana sistem (realitas) melibatkan gerakan mekanika, seperti: pesawat terbang, mobil, truk, kapal laut. Sistem gerak juga memasukan simulasi rasa (feel cue), sebagaimana yang dirasakan seorang supir waktu memegang stang kemudi atau pilot memegang stick kendali pesawat terbang. Pada manusia perasaan (sensor kulit) lebih peka dibanding penglihatan maupun pendengaran.

Sistem Suara (Aural Cue System)

Berfungsi untuk mensimulasikan suara sehingga pengguna merasakan seperti berada di lingkungan nyata. Misalnya, pada simulasi pesawat terbang, simulasi tempur diperlukan suara mesin, suara bom. Suara khusus seperti suara pintu, roda pendarat, hujan, angin, petir, tabrakan juga disimulasikan.

Sistem Antarmuka (Interface System)

adalah kartu elektronik (electronic card) bagian dari simulator yang menjadi jembatan antara komputer host dengan sistem penampil (instrumen dan visual). Sistem antarmuka akan mengubah format data dari hasil perhitungan simulasi yang akan dikirim ke sistem penampil. Data yang dikirim dapat berupa data analog atau data diskret. Standar bus yang digunakan dapat berbasis PCI bus atau VME bus.

Sistem Instruktur (Instructor Operation Station)

Sistem Instruktur diperlukan oleh seorang instruktur (pelatih) dalam memberikan skenario latihan, mengubah kondisi (parameter) sistem, menilai (score) hasil pelatihan. Pada simulasi pesawat terbarng, instruktur dapat mengubah kondisi cuaca (siang, malam, hujan, petir, salju), memindahkan posisi pesawat, salah satu mesin pesawat dimatikan (rusak) melalui IOS.